Gusmus adalah manusia biasa, yg akan salah juga
GUS MUS ATAU GUS UMAR HAMDAN YG BENAR..???
Menanggapi doa gus mus oleh gus umar, doa gus mus sebagai berikut,
اللهم عليك بإندونيسيا
Gus umar memberi arti gamblang dalam hal itu, beliau artikan
"Ya allah hancurkanlah indonesia"
Yg mana hal itu seakan2 kesalahan bagi gus umar, padahal itu memang benar artinya,
Seperti hadist nabi:
اللهم عليك بقريش
Ya allah Hancurkanlah kafir quraisy.
(Kalau pemikiran pendek funpage santri nu indonesia, maknanya jadi "kokohkanlah kuatkanlah kafir quraisy"
Sangat nenyimpang jauh)
Seperti itu arti gamblangnya.
Namun.. Dengan pengartiannya yg sangat gamblang seperti itu, ada makna yg terkandung di dalamnya adalah:
"Ya allah hancurkanlah, adzablah orang2 penguasa yg dzolim di negara indonesia ini." (yg memberi pengertian bahwa mayoritas penduduk indonesia dzolim).
Nah itu arti dari kata gus umar dalam mengartikan doa gus mus "ya allah hancurkanlah indonesia"
hanya saja arti gamblang terlalu mencolok seperti itu, dan butuh makna lagi.
Dan yg lebih bagus, arti sepeerti ini:
Ya Allah turunkanlah hukumanmu/adzabmu atas orang dzlolim di negera indonesia ini. (Yg berarti di indonesia mayoritas bejat dzolim).
Kalau boleh jujur, Justru yg mengada2 itu arti dari yg sok tau, dari pihak yg mengatasnamakan NU, namun hanya membual saja, tanpa isi, bualan mereka saya temui di halaman:
Santri nu indoensia
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1118787121661687&id=866207863586282
Generasi muda nusantara
https://www.facebook.com/125805004847250/posts/463964974364583/
Ini sugguh gila, mereka mengartikan se enaknya sendiri,
Dengan mengartikan:
"Ya allah kuatkanlah indonesia, kokohkanlah indonesia".
Sungguh hanya orang2 dungu yg menyelewengkan arti begitu.
Sekarang balik ke gus mus, ke doa gus mus.
Dalam hemat pengamatan saya,
Setelah saya amati, dan saya teliti dalam segi hadist warid dan nahwunya.
Apapun alasan gusmus dengan doa seperti ini.
اللهم عليك بإندونيسيا
اللهم عليك بعلمائنا
اللهم عليك بشعبنا اندونيسيا
Tetap kurang tepat, dan bisa di bilang keliru..
Karena doa اللهم عليك ب
Sudah 99% mengartikan pada posisi negatif yg dituju.
Banyak akan hadist2 warid dari nabi akan doa seperti ini..
Kalau seumpama di masukkan dalam istilah iqtibaas (dalam ilmu balaghoh) Maka artinya tetap sama.
ADAB DOA MENGIKUTI CARA NABI SAW.
Kita tak akan pernah ketemui sebuah doa:
اللهم عليك بفلسطين
Karena kalau di ucapkan kurang pas, dan memojokkan palestina,
Dan tak bisa di artikan seperti yg di sebarkan halaman santri nu indoensia, yg berarti "kokohkanlah palestina".
Justru doa seperti itu akan di tertawai ulama dunia.
dan hanya orang yg tak luas pemahaman ilmunya yg berdoa begitu untuk palestina.
Jadi jika harus mau memaksa untuk membenarkan doa dari gusmus itu,
Maka arti yg pas adalah:
"Ya allah saya titipkan, pasrahkan urusan indonesia padamu".
di garis bawahi dengan maksud "memberi adzab orang2 penguasa yg dzolim di indonesia, mayoritas orang indonesia".
Lihat disini Video doa gusmus
https://youtu.be/8CySdJvtxH8
Namun anehnya lagi, gusmus masih nyebut doa imam dan ulama indonesia.
Disanalah menurut hemat saya tetap salah,
Karena nabi mendoakan dengan loghat yg sama pada abu jahal dan bani ushoyyah dan bani dzakwan, karena semuanya mereka bejat.
Nah di sini doa gusmus
اللهم عليك بعلمائنا
Seolah2 menitipkan (mayoritas ulama indoenesia menyimpang bejat) pada allah, untuk di hukum.
Jadi kesalahan gusmus adalah:
Berdoa menyalahi yg biasa warid dari nabi saw, yg sudah di pahami maknanya oleh kalangan ulama hadist dan nahwu.
Bahkan doa (yg identik dengan adzab itu) di baca saat qonut oleh nabi saw, selama sebulan.
Kenapa gusmus tidak memakai doa yg lain, masih ada doa2 yg lebih baik dan ngepas. Seperti:
اللهم آمنا في أوطاننا وأصلح أئمتنا وولاة أمورنا
Ya allah amankan negara kita, dan perbaikilah imam penguasa kita.
Namun, jika mau ngeyel, bisa benar dan bisa di benarkan doa gusmus itu,
Dengan muter2 di ilmu nahwu, dan mengira2 lafadz dll,
Dengan mengabaikan semua hadist yg warid dan sangat jelas.
Sekian menurut hemat saya dalam kasus doa gusmus,
Dan biasakan bicara dengan dalil valid atau sumber yg jelas.
Semoga bermanfaat.
Catatan:
Jangan samakan antara Kalimat
اللهم عليك ب
Dengan kalimat
عليك السلام
عليك بسنتي
عليك بجماعة
Karena sama saja dengan mengibul,
Karena itu beda jauh, khitob KAF nya beda jalur,
Amar doa pada allah, kok di samakan pada perintah ke orang atau kaum.
Komentar
Posting Komentar