Mengenali perawi syiah di kutub al-sittah


Islam yg baik tidak boleh mokong, alias bandel.
Cari kebenaran walau itu menyakitkan :)

PARA PERAWI-PERAWI SYIAH DI DALAM HADIST SOHEH YG ENAM.

1. ABDULMALIK BIN A'YAN.
حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكُ بْنُ أَعْيَنَ وَجَامِعُ بْنُ أَبِي رَاشِدٍ عَنْ أَبِي وَائِلٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ((مَنِ اقْتَطَعَ مَالَ امْرِئٍ مُسْلِمٍ بِيَمِينٍ كَاذِبَةٍ، لَقِيَ اللَّهَ وَهْوَ عَلَيْهِ غَضْبَانُ)). قَالَ عَبْدُ اللَّهِ ثُمَّ قَرَأَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِصْدَاقَهُ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ جَلَّ ذِكْرُهُ: {إِنَّ الَّذِينَ يَشْتَرُونَ بِعَهْدِ اللَّهِ وَأَيْمَانِهِمْ ثَمَنًا قَلِيلاً أُولَئِكَ لاَ خَلاَقَ لَهُمْ فِي الآخِرَةِ وَلاَ يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ} الآيَةَ.
Telah menceritakan kepada kami Al Humaidi telah menceritakan kepada kami Sufyan telah menceritakan kepada kami Abdul Malik bin A'yan dan Jami' bin Abu Rasyid dari Abu Wail dari Abdullah radliyallahu'anhu berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa berambisi memperoleh harta seorang muslim dengan sumpah palsu, ia berjumpa Allah sedang Allah dalam keadaan murka kepadanya." Abdullah berkata, "Kemudian Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam membacakan pembenarannya dari kitabullah: '(Sesungguhnya orang-orang yang membeli janji Allah dan sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itulah orang-orang yang tidak memperoleh bagian di akherat, dan Allah tidak mengajak mereka bicara) ' (QS.Ali Imran: 77).  
(HR Bukhori ) .

Siapa Abdul malik bin a'yan?.
Ibnu Hajar menyebutkan dalam Taqrib At Tahdzib:
 عبد الملك ابن أعين الكوفي مولى بني شيبان صدوق شيعي له في الصحيحين حديث واحد متابعة من السادسة.
(تقريب التهذيب)
[perawi kutubus sittah] ‘Abdul Maaalik bin A’yaan Al Kuufiy maula bani Syaibaan, seorang Syi’ah yang shaduq, memiliki riwayat dalam Shahihain satu hadis sebagai mutaba’ah, ia termasuk thabaqat keenam.
(Taqrib At Tahdzib 1/362 ms).

Al Uqailiy dalam kitabnya Adh Dhu’afa Al Kabiir menyebutkan:
حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ مُوسَى قَالَ: حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ أَعْيَنَ، شِيعِيًّا كَانَ عِنْدَنَا، رَافِضِيٌّ كَانَ صَاحِبَ رَأْيٍ
(الضعفاء الكبير للعقيلي)
Telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Muusa yang berkata telah menceritakan kepada kami Al Humaidiy yang berkata telah menceritakan kepada kami Sufyaan yang berkata telah menceritakan kepada kami ‘Abdul Malik bin A’yan, seorang syi’ah ia di sisi kami rafidhah shaahib ra’yu.
(Adh Dhu’afa Al Kabiir 3/33 ms).
Abdul malik bin a'yan adalah seorang syiah. Perawi dari imam bukhori.

2. ABBAD BIN YA'QUB ALASADY.
 حَدَّثَنِي سُلَيْمَانُ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنِ الْوَلِيدِ. وَحَدَّثَنِي عَبَّادُ بْنُ يَعْقُوبَ الأَسَدِيُّ أَخْبَرَنَا عَبَّادُ بْنُ الْعَوَّامِ عَنِ الشَّيْبَانِيِّ عَنِ الْوَلِيدِ بْنِ الْعَيْزَارِ عَنْ أَبِي عَمْرٍو الشَّيْبَانِيِّ عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ: ((الصَّلاَةُ لِوَقْتِهَا، وَبِرُّ الْوَالِدَيْنِ، ثُمَّ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ))
Telah menceritakan kepadaku Sulaiman telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Al Walid (dalam jalur lain disebutkan) telah menceritakan kepadaku Abbad bin Ya'qub Al Asadi telah mengabarkan kepada kami Abbad bin Al 'Awwam dari Asy Syaibani dari Al Walid bin 'Aizar dari Abu 'Amru dan Asy Syaibani dari Ibn Mas'ud radliallahu 'anhu, bahwa seorang laki-laki pernah bertanya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, amalan apa yang paling utama? ' Nabi menjawab: "Shalat tepat pada waktunya, berbakti kepada kedua orang tua, dan jihad fi sabilillah." (HR Bukhori).

Siapa 'abbad bin ya'qub alasady?.
Al Mizziy dalam Tahdzib Al Kamal menyebutkan biografi perawi ini, yang termasuk perawi Bukhariy
 خ ت ق: عباد بن يعقوب الأسدي الرواجني
أَبُو سَعِيد الكوفي، الشيعي
(تهذيب الكمال في أسماء الرجال)
[perawi Bukhariy, Tirmidzi dan Ibnu Majah] ‘Abbaad bin Ya’quub Al Asadiy Ar Rawaajiniy Abu Sa’iid Al Kuufiy, seorang Syi’ah.
(Tahdzib Al Kamal 14/141 ms).

Ibnu Hibban dalam kitabnya Al Majruuhin menyatakan dengan jelas bahwa ia rafidhah:
عباد بن يَعْقُوب الروَاجِنِي أَبُو سعيد من أهل الْكُوفَة يروي عَن شريك أخبرنَا عَنهُ شُيُوخنَا مَاتَ سنة خمسين وَمِائَتَيْنِ فِي شَوَّال وَكَانَ رَافِضِيًّا دَاعِيَة إِلَى الرَّفْض
(المجروحين لابن حبان)
Abbaad bin Ya’qub Ar Rawaajiniy Abu Sa’iid termasuk penduduk Kuufah, meriwayatkan dari Syariik, telah meriwayatkan darinya guru-guru kami, wafat pada tahun 250 H di bulan syawal, ia seorang Rafidhah yang mengajak ke paham rafadh.
(Al Majruuhin 2/172 ms).

Adz-Dzahabi dalam Mizan Al Itidal menyebutkan :
عباد بن يعقوب [ خ ، ت ، ق ] الاسدي الرواجنى الكوفى ، من غلاة الشيعة ورؤوس البدع ، لكنه صادق في الحديث .. وعنه البخاري حديثا في الصحيح مقرونا بآخر ، والترمذي ، وابن ماجة وابن خزيمة ، وابن أبى داود
“Abbad bin Ya’qub al-Asadi ar-Rawajini al-Kufi adalah seorang syiah ekstrim (rafidhah) dan ahli bid’ah tetapi jujur dalam penyampaian hadis… Hadisnya diriwayatkan oleh Bukhari dalam shahihnya, Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, dan Ibnu Abi Dawud”.
(Mizan Al Itidal 2/376).
'Abbad bin ya'qub adalah seorang syiah. Perawi imam bukhori.

3. 'AUF BIN ABI JAMILAH.
حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْحَنْظَلِيُّ أَخْبَرَنَا النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ حَدَّثَنَا عَوْفُ بْنُ أَبِي جَمِيلَةَ الأَعْرَابِيُّ عَنْ أَبِي رَجَاءٍ الْعُطَارِدِيِّ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ الْحُصَيْنِ قَالَ كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سَفَرٍ فَسَرَيْنَا لَيْلَةً حَتَّى إِذَا كَانَ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ قُبَيْلَ الصُّبْحِ وَقَعْنَا تِلْكَ الْوَقْعَةَ الَّتِي لاَ وَقْعَةَ عِنْدَ الْمُسَافِرِ أَحْلَى مِنْهَا فَمَا أَيْقَظَنَا إِلاَّ حَرُّ الشَّمْسِ. وَسَاقَ الْحَدِيثَ بِنَحْوِ حَدِيثِ سَلْمِ بْنِ زَرِيرٍ وَزَادَ وَنَقَصَ. وَقَالَ فِي الْحَدِيثِ فَلَمَّا اسْتَيْقَظَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ وَرَأَى مَا أَصَابَ النَّاسَ وَكَانَ أَجْوَفَ جَلِيدًا فَكَبَّرَ وَرَفَعَ صَوْتَهُ بِالتَّكْبِيرِ حَتَّى اسْتَيْقَظَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِشِدَّةِ صَوْتِهِ بِالتَّكْبِيرِ فَلَمَّا اسْتَيْقَظَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَكَوْا إِلَيْهِ الَّذِي أَصَابَهُمْ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ((لاَ ضَيْرَ ارْتَحِلُوا)). وَاقْتَصَّ الْحَدِيثَ. 
Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim Al Hanzhali telah mengabarkan kepada kami An nadhir bin Syumail telah menceritakan kepada kami Auf bin Abu Jamilah Al A’rabi dari Abu Raja’ Al ‘Atharidi dari Imran bin Hushain, katanya:
Kami pernah bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam suatu perjalanan. Suatu malam, kami menyusuri perjalanan hingga akhir malam, beberapa saat menjelang subuh, kami singgah. Dan tidak ada persinggahan (istirahat) bagi seorang musafir yang lebih enak daripada persinggahan (istirahat) ketika itu. Pada saat itu, tidak ada seorangpun yang membangunkan kami selain sinar panas matahari. Lalu dia membawakan hadits itu sebagaimana hadits Salam bin Zarir dengan adanya tambahan dan pengurangan. Ia berkata dalam hadisnya; Ketika Umar bin Khattab bangun, ia menemukan musibah yang menimpa para sahabatnya. Dia adalah sosok yang berbadan besar dan kuat, dia langsung memekikkan takbir hingga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam terbangun karena suara takbirnya yang keras. Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bangun, para sahabat mengeluhkan kepada beliau perihal sesuatu yang telah mereka alami. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam hanya bersabda: Tidak masalah, teruskanlah perjalanan kalian… lalu perawi mengisahkan hadits tersebut. (Shahih Muslim 682).

Siapakah 'auf bin abi jamilah?.
Ibnu Hajar menyebutkan dalam Taqrib At Tahdzib:
عوف ابن أبي جميلة بفتح الجيم الأعرابي العبدي البصري ثقة رمي بالقدر وبالتشيع من السادسة مات سنة ست أو سبع وأربعين وله ست وثمانون
(تقريب التهذيب-حرف العين)
[perawi kutubus sittah] Auf bin Abi Jamiilah [dengan fathah pada huruf jiim] Al A’rabiy, Al ‘Abdiy, Al Bashriy, seorang yang tsiqat dituduh dengan faham qadariy dan tasyayyu’ (syiah) termasuk thabaqat keenam wafat pada tahun 146 atau 147 H pada umur 86 tahun.
(Taqrib At Tahdzib 1/433 ms).

Adz Dzahabiy menukil dalam kitabnya Mizan Al I’tidal:
وقال محمد بن عبد الله الأنصاري: رأيت داود بن أبي هند يضرب عوفا الأعرابي ويقول: ويلك يا قدري.
وقال بندار - وهو يقرأ لهم حديث عوف: والله لقد كان / عوف قدريا رافضيا شيطانا. وقال النسائي: ثقة ثبت
(ميزان الاعتدال-حرف العين)
Muhammad bin ‘Abdullah Al Anshaariy berkata aku melihat Dawud bin Abi Hind memukul Auf Al Arabiy dan mengatakan “celaka engkau wahai qadariy”. Dan Bundaar berkata dan ia membacakan kepada mereka hadis Auf “demi Allah sungguh Auf seorang qadariy rafidhah syaithan”. Dan imam annasai berkata: "dia terpercaya (tsiqoh) tsabit.
(Mizan Al I’tidal 3/305 ms).
'Auf bin abi jamilah adalah seorang syiah. Perawi imam muslim.

4. ALI BIN AL-JA'DI.
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْجَعْدِ قَالَ: أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ قَالَ: أَخْبَرَنِي مَنْصُورٌ قَالَ: سَمِعْتُ رِبْعِيَّ بْنَ حِرَاشٍ يَقُولُ: سَمِعْتُ عَلِيًّا يَقُولُ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ((لاَ تَكْذِبُوا عَلَيَّ، فَإِنَّهُ مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ فَلْيَلِجِ النَّارَ)). 
Telah menceritakan kepada kami 'Ali bin Al Ja'd berkata, telah mengabarkan kepada kami Syu'bah berkata, telah mengabarkan kepadaku Manshur berkata, aku mendengar Rib'i bin Jirasy berkata, aku mendengar 'Ali berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah kalian berdusta terhadapku (atas namaku), karena barangsiapa berduasta terhadapku dia akan masuk neraka." 
(HR bukhori).
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْجَعْدِ أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ عَنِ الأَعْمَشِ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ((لاَ تَسُبُّوا الأَمْوَاتَ، فَإِنَّهُمْ قَدْ أَفْضَوْا إِلَى مَا قَدَّمُوا)). 
Telah menceritakan kepada kami Ali bin Al Ja'd telah mengabarkan kepada kami Syu'bah dari dari a'masy dari mujahid dari aisyah radliallahu 'anhu, berkata aisyah ra:
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,
“Janganlah kalian mencela orang yang telah wafat. Sesungguhnya mereka telah mendapatkan ganjaran atas apa yang telah mereka perbuat.”.
[H.R. bukhari].
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْجَعْدِ أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ عَنْ سَيَّارٍ عَنْ ثَابِتٍ الْبُنَانِيِّ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ مَرَّ عَلَى صِبْيَانٍ فَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ وَقَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَفْعَلُهُ. 
Telah menceritakan kepada kami Ali bin Al Ja'd telah mengabarkan kepada kami Syu'bah dari Sayyar dari Tsabit Al Bunani dari Anas bin Malik radliallahu 'anhu bahwa dia pernah melewati anak-anak kecil, lalu ia memberi salam kepada mereka dan berkata; "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam juga biasa melakukan hal ini." (HR bukhori).
Mengenai riwayat ali bin al ja'dy, saya temui sekitar 14 riwayat di bukhori. Tapi tidak saya kutip semua.

Siapakah ‘Aliy bin Ja’di ?.
Ibnu Hajar menyebutkan dalam Taqrib At Tahdzib:
 علي ابن الجعد ابن عبيد الجوهري البغدادي ثقة ثبت رمي بالتشيع من صغار التاسعة مات سنة ثلاثين ومائتين 
(تقريب التهذيب-حرف العين)
[perawi Bukhariy dan Abu Dawud] Aliy bin Ja’d bin Ubaid Al Jauhariy, Al Baghdadiy seorang tsiqat tsabit dituduh dengan tasyyayyu’ (syiah) termasuk thabaqat kesembilan dari kalangan sighar, wafat pada tahun 230 H. (Taqrib At Tahdzib 1/394 ms).

Dalam Masa’il Ahmad bin Hanbal riwayat Ishaaq bin Ibrahim bin Haani’ An Naisaburiy berkata:
 سمعت أبا عبد الله، وقال له دلويه: سمعت علي بن الجعد يقول: مات والله معاوية على غير الإسلام. 
(موسوعة اقوال الامام احمد بن حنبل في رجال الحديث وعلله)
Dan aku mendengar Abu ‘Abdullah [Ahmad bin Hanbal], telah berkata kepadanya Dalluwaih “aku mendengar Aliy bin Ja’d mengatakan demi Allah, Mu’awiyah mati tidak dalam agama islam”.
(Masa’il Ahmad bin Hanbal riwayat Ishaaq bin Ibrahim bin Haani’ An Naisaburiy 2/154 no 1866).
Ali bin alja'dy adalah seorang syiah. Perawi dari imam bukhori.

5. SULAIMAN BIN QORM.
 حدثنا حسين بن محمد، قال: حدثنا سليمان بن قرم، عن الأشعث يعني ابن سليم، عن حبة، قال: سمعت عائشة، تقول: " نهانا رسول الله صلى الله عليه وسلم أن ننتبذ فِي الدُّبَّاءِ وَالنَّقِيرِ وَالْحَنْتَمِ وَالْمُزَفَّتِ
(Disini ada rowi bernama sulaiman bin qorm)
Artinya: Sayyidah aisyah ra berkata: rosulullah saw melarang kita memeras nabidz dalam Ad Duba, An Naqir, Al Hantam dan Al Muzaffat. (HRAhmad).
(Masalah ini bisa di baca keterangan lengkapnya di syarah-syarah hadist, intinya semua itu karena mengandung alkohol, Istilah zaman skrng.)

Siapakah Sulaiman bin qorm?.
Imam Ahmad mejelaskan ini, seperti yg di kutip oleh muhammad bin auf:
وقال محمد بن عوف عن أحمد لا أرى به بأسا لكنه كان يفرط في التشيع.
(تهذيب التهذيب)
Muhammad bin Auf berkata dari Ahmad bin hambal “tidak ada masalah pada dirinya hanya saja dia berlebihan dalam bertasyayyu (syiah)”.
(Tagdziib attahdziib 4/213 ms shamela.ws/browse.php/book-3310/page-1757 ).
Sulaiman bin qorm adalah seorang syiah. Perawi dari imam ahmad.

6. HARUN BIN SA'AD.
 حَدَّثَنِي سُرَيْجُ بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا حُمَيْدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنِ الْحَسَنِ بْنِ صَالِحٍ عَنْ هَارُونَ بْنِ سَعْدٍ عَنْ أَبِي حَازِمٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ((ضِرْسُ الْكَافِرِ أَوْ نَابُ الْكَافِرِ مِثْلُ أُحُدٍ وَغِلَظُ جِلْدِهِ مَسِيرَةُ ثَلاَثٍ))
(Disini ada rowi bernama harun bin saad)
Artinya: Nabi saw bersabda: "Geraham atau taring seorang kafir (di Neraka) besarnya seukuran gunung Uhud, sedangkan ketebalan kulitnya sejauh perjalanan tiga hari." (HR. muslim).

Siapakah harun bin sa'ad?.
Adz-Dzahabi dalam Mizan al-I’tidal menjelaskan:
 هارون بن سعد العجلى . صدوق في نفسه ، لكنه رافضي بغيض . روى عباس عن ابن معين ، قال : هارون بن سعد من الغالية في التشيع 
“Harun bin Sa’ad al-Ajli, jujur pada dirinya (shaduq fi nafsihi), tetapi rafidhi ekstrim. Diriwayatkan dari Abbas dari Ibnu Main yang berkata, “Harun bin Saad adalah dari tasyayu’ (syiah) ekstrim".
(Mizan al-I’tidal 4/784).
Haun bin sa'ad adalah seorang syiah. Perawi dari imam muslim.

7. MUSA BIN QOIS.
حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ آدَمَ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ قَيْسٍ الْحَضْرَمِيُّ عَنْ سَلَمَةَ بْنِ كُهَيْلٍ عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَائِلٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكَانَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ: ((السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ)). وَعَنْ شِمَالِهِ: ((السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ)). 
رواه أبو داود بِإِسْنَادٍ صَحِيحٍ
(Disini ada rowi bernama musa bin qois)
Artinya : Dan dari wa’il bin khujrin ra. dia berkata : “Saya pernah sholat bersama Rasulullah SAW, dan beliau salam kekanan dengan mengucapkan Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh kemudian beliau salam kekiri dengan mengucapkan Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh (Riwayat Abu Daud, dengan isnad yang shohih).

Siapakah musa bin qois?.
Ibnu hajar dalam kitabnya taqriib attahdziib menjelaskan:
موسى بن قيس الحضرمي أبو محمد الفراء الكوفي يلقب عصفور الجنة صدوق رمي بالتشيع من السادسة د س.
(أسماء الرواة في تقريب التهذيب )
Musa bin qois alhadlromy abu muhammad alfara' alkufy yg di gelari burung ('usfhur) surga, shoduq. di tuduh dengan tasyayyu' (syiah).
( ms www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=95980 ).
Musa bin qois adalah seorang syiah. Perowi imam abu dawud.

8. HASYIM BIN AL-BARID.
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ صُدْرَانَ قَالَ: حَدَّثَنَا سَلْمُ بْنُ قُتَيْبَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا هَاشِمُ بْنُ الْبَرِيدِ عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ عَنِ الْبَرَاءِ قَالَ كُنَّا نُصَلِّي خَلْفَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الظُّهْرَ فَنَسْمَعُ مِنْهُ الآيَةَ بَعْدَ الآيَاتِ مِنْ سُورَةِ لُقْمَانَ وَالذَّارِيَاتِ. 
[رواه النسائي]
(Disini ada rowi bernama hasyim bin albarid)
Artinya: “Diriwayatkan dari Abu Ishaq dari al-Barra', ia berkata: Kami shalat dzuhur di belakang Nabi saw, kemudian kami mendengar dari suara beliau, ayat demi ayat dari surat Luqman dan adz-Dzariyat.”
[HR an-Nasa'i, Juz II/163].

Siapakah Hasyim bin al barid?.
Imam ibnu hajar menjelaskan di dalam kitabnya:
هاشم بن البريد ثقة إلا أنه رمي بالتشيع من السادسة د س ق.
(تقريب التهذيب)
Hasyim bin barid seorang tsiqat, dituduh dengan tasyyayyu’ (syiah) termasuk thabaqat keenam.
[Taqrib At Tahdzib 1/570 ms shamela.ws/browse.php/book-8609/page-496 ].
Hasyim bin al barid adalah seorang syiah. Perawi imam annasai.

Jujur masih buanyak sekali perawi-perawi kutubussittah yg dari syiah, tak bisa di sebutkan satu-satu disini.
Tapi jika anda mempunyai maktabah syamilah, maka anda akan dapatkan perowi-perowi kitubussittah yg tsiqoh terpercaya disana.
Contoh buka kitab taqrib attahdziib atau semacamnya yg membahas rijalul hadist (perawi-perawi hadist). Seperti kitabnya imam ibnu hajar al'asqolany, ketik kata kunci تشيع atau شيعي
Maka anda akan dapatkan betapa banyaknya perawi-perawi syiah di kutubussittah.
Atau buka disini www.dd-sunnah.net/forum/showthread.php?t=93090 link ini versi assunnah.

Kalau kita sudah banyak belajar dan mengetahui,
Mari kita buka mata, jangan tutup rapat-rapat.
Jangan suka membelah dan memecah islam dan menabur kebencian di mana-mana.
Jika memang mereka salah, ajak dengan dakwah yg lembut dan halus. itu jauh lebih bermanfaat dari pada menebarkan fitnah besar dalam tubuh islam yg sudah kacau balau ini.
Jangan merasa lebih murni atau lebih baik dan akhirnya menghalalkan segala macam cara dan membuat bicara kebablasan sehingga hobi menuduh dan menfkafirkan semua islam selain golongannya.
Sebenarnya aliran ini (yg doyan menebarkan fitnah) yg wajib kita tentang di dalam islam, yaitu aliran sang penyebar fitnah dan perpercahan di dalam tubuh islam.

Perlu di ketahui bahwa Selagi mereka sholat mengahadap qiblat, bersyahadat zakat haji dan mengakui alquran.
Maka Tidak ada haq bagi kita untuk mengatakan mereka bukan islam dan kafir.
Nauzdu billahi min dzalik.
Kalau saya pribadi gak repot, ngikut selogan habib riziq saja hafidzohullahu.
Jika kamu ngotot bilang syiah kotoran unta, ya kamu juga kotoran unta.
Intinya seperti kotoran unta yg di belah dua.
Ini kalam soheh. jadi jngan sok benar :).

Tak penting beliau beliau (perawi hadist dari kalangan syiah di atas) dari aliran syiah apa.
Yg jelas hati-hati meluapkan rasa benci yg keterlaluan yg berlebihan. karena itu membuatnya kita buta dan tuli juga bisu.

Untuk menambah wawasan masalah ini, baca juga link-link sahabat seperjuangan kita di sini:
Bahaya sebutan syiah bukan islam
kabarislamia.blogspot.co.id/2015/02/fitnah-syiah-bukan-islam.html?m=1
Propaganda asing memfitnah syiah dan ahli sunnah waljmaah oleh habib riziq
https://plus.google.com/117658020848850067690/posts/eWKXGY7kAC6
Bahaya yel yel syiah bukan islam
www.elhooda.net/2015/03/bahaya-propaganda-yel-yel-syiah-bukan-islam-dan-wahabi-takfiri/
albarzah.blogspot.co.id/?m=1
kajianmuktamad.blogspot.com
aminbenahmed.blogspot.co.id/2015/10/habib-rizieq-shohih-bukhoripun-memakai.html?m=1

Sebenarnya bahasa kasarnya mudah dan gambang, wajar kalau syiah sangat di benci oleh mereka, karena mereka sendiri hakikatnya adalah nawasib, alias anti pada ahlilbait. Seperti banyaknya mereka nemalsukan hadist mengenai keutama'an imam ali ra.
Jujur mereka ini alergi sekali pada imam ali ra. seperti syiah alergi pada sahabat muawiyah ra.

Kalau anda ingin tahu gaya-gaya nawasib atau nasiby pada masa kini, ini contoh tulisannya:
https://m.facebook.com/cinta.sahabatnabi/posts/482937388553097:0
Semakin lama kita membaca, maka tanpa terasa kita mengatakan tak ada kelebihan sama sekali pada sayyidina ali, melainkan semuanya dusta.
Itulah ajaran nasiby yg memang sengaja mencari celah2nya ahlilbait terutama sayyidina ali ra.

Allahu a'lam semoga bermanfa'at. Amin
Fanatik Pada Guru Oleh Habib Umar Bin Hafidz

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum sebenarnya tentang isbal